Sosialisasi Hasil-Hasil Kesepakatan Kerja Sama Perdagangan Internasional Di Pangkal Pinang Provinsi Kep. Bangka dan Belitung

Pangkal Pinang, 21 Juni 2011 Sosialisasi Hasil-Hasil Kesepakatan Kerja Sama Perdagangan Internasional merupakan hasil kerja sama antara Ditjen KPI dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bangka Belitung, yang diselenggarakan pada tanggal 21 Juni 2011, di Hotel Bumi Asih, Pangkal Pinang. Sosialisasi ini dihadiri oleh sekitar 100 peserta yang terdiri dari unsur-unsur Pemerintah Daerah dan pelaku usaha yang ada di Provinsi Bangka Belitung, dan merupakan salah satu rangkaian kegiatan Sosialisasi ketiga dari delapan kegiatan pada tahun 2011 di Ditjen KPI.

 

Pada awal pembukaan diawali dengan laporan oleh Kepala Dinas Perindag Prov. Kep. Bangka Belitung yang diwakili oleh Bapak Aswandi selaku Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Perindag Prov. Kep. Bangka Belitung. Dan kemudian dilanjutkan dengan pembukaan oleh Musa Asyarie, Staf Ahli Gubernur Provinsi Kep. Bangka Belitung yang menyampaikan “Kami menganggap pentingnya sosialisasi hasil-hasil kesepakatan kerja sama perdagangan internasional ini bagi para pemangku kepentingan di daerah khususnya bagi Prov. Bangka Belitung”

 

Sekretaris Ditjen KPI yang bertindak selaku moderator menyampaikan beberapa topik paparan yang akan disampaikan terdiri dari i) Perkembangan Kerja Sama Ekonomi Komprehensif Indonesia, yang disampaikan oleh Dir. Kerja Sama Bilateral; ii) Integrasi Perdagangan Jasa, yang disampaikan oleh Dir. Perundingan Perdagangan Jasa; dan iii) Permasalahan Ekspor dan Impor di Provinsi Bangka Belitung, yang disampaikan oleh Ferdi L. Manurung selaku Wakil Ketua Umum KADINDA Prov. Bangka Belitung Bidang SDM dan Kewirausahaan.

 

Strategi Perundingan Perdagangan Jasa melalui strategi multi-track baik di fora multilateral, regional dan bilateral, dimana untuk menjaga konsistensi diantara WTO, ASEAN, ASEAN Plus, APEC dan Bilateral maka dibentuk Dit. Perundingan Perdagangan Jasa dan dalam membangun koordinasi maka dibentuk Tim Koordinasi Bidang Jasa” ujar Sondang Anggraini selaku Direktur Perundingan Perdagangan Jasa dalam paparannya mengenai semakin meningkatnya peran perdagangan di sektor jasa.

 

Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan oleh Pradnyawati, Direktur Kerja Sama Bilateral yang menyampaikan “Kondisi perundingan kerja sama perdagangan internasional yang semakin kompleks dan terhambatnya perundingan pada fora multilateral menciptakan perkembangan perjanjian perdagangan pada fora bilateral semakin pesat”. Oleh karena itu, atas fenomena perkembangan FTA yang dikembangkan oleh negara-negara ASEAN perlu diwaspadai mengingat pola kerja sama FTA secara bilateral yang lebih liberal dibanding kesepakatan ASEAN, sehingga peran kerja sama bilateral perlu diterapkan secara strategis untuk dapat mengurangi kerugian atas kehilangan daya saing.

 

Di lain pihak pelaku usaha yang diwakili oleh Ferdi L. Manurung selaku Wakil Ketua Umum KADINDA Prov. Bangka Belitung Bidang SDM dan Kewirausahaan menyampaikan bahwa produk ekspor yang berasal dari Prov. Kep. Bangka Belitung mayoritas masih berupa barang setengah jadi (contoh: timah), sehingga nilai tambahnya masih kurang. Untuk itu diperlukan upaya bersama untuk menarik investor untuk membangun industri hilir di Babel, yang diharapkan dapat menambah nilai jual produk dan bisa membuka sejumlah lapangan pekerjaan masyarakat lokalt meningkatkan akses pasar, baik di dalam negeri maupun luar negeri (ekspor)” ujar beliau.

 

Pada akhir sosialisasi, Ditjen KPI menyempatkan untuk menyebarkan kuesioner kepada para peserta untuk mendapatkan masukan dan hasil evaluasi atas penyelenggaraan Sosialisasi ini. Kuesioner tersebut diharapkan dapat berguna sebagai bahan evaluasi, sehingga diharapkan kedepannya pelaksanaan dapat lebih memberikan manfaat kepada masyarakat.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Direktorat Jenderal Kerja Sama Perdagangan Internasional
Kementerian Perdagangan


Sekretariat Direktorat Jenderal
Kerja Sama Perdagangan Internasional

Jl. M.I. Ridwan Rais No.5 Gd Utama, Lt.8
Jakarta 10110
Telp/Fax: 021- 23528601/021- 23528611

Tanggapan/ pertanyaan / komentar sebagai masukan dapat dikirimkan kepada:

Tulus Budhianto

Sekretaris Direktorat Jenderal
Kerja Sama Perdagangan Internasional

Telp/Fax: 021- 23528601/021- 23528611

Email: ses-kpi@depdag.go.id

 
    Atas
    Perubahan terakhir : Rabu, 07 Desember 2011

    Website ini diakses: 2.925.507
    Sejak perubahan situs tanggal 22 Februari 2012
    Direktorat Jenderal Kerja Sama Perdagangan Internasional - Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
    Jl. M. I. Ridwan Rais No. 5 Jakarta Pusat 10110, No Telp. (021) 23528601, (021) 3858171 Pes. 36901
    Copyright @ 2014 Direktorat Jenderal Kerja Sama Perdagangan Internasional